Gangguan Pada Alat Pernapasan Pada Manusia.

Gangguan Pada Alat Pernapasan Pada Manusia.

a. Radang pada faring

Radang pada faring disebabkan oleh infeksi bakteri. Cirri-cirinya adalah kerongkongan terasa sakit ketika menelan dan terasa kering. Pennyakit ini juga disebabkan karena terlalu banyak merokok.

b. Differi

Differi adalah penyakit menular yang umumnya meyerang anak – anak atau bayi. Gejala penyakit ini ditandai dengan suhu badan yang agak tinggi, pilek, neyri tenggorokan, dan sesak napas.

Penyakit difteri disebabkan oleh penyakit menilar melalui udara. Pencegahannya adalah dengan imunisasi DPT (Difteri Pertusis Tetanus) yang dilakukan selama 3 x sebelum bayi berumur 1 tahun.

c. Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada selaput lender dari trakea dan seluran bronkus. Ada dua jenis penyakit bronchitis, yaitu akut dan bronchitis kronis.

  1. Bronkitis akut dengan demam dan batuk berdahak kekuningan
  2. bronchitis kronis ditandai dengan batuk yang lama dan mengeluarkan dahak yang banyak yang biasanya didahului dengan infeksi saluran pernapasan.

Cara pencegahan penyakiit ini dapat dilakukan dengan penggunaan obat antibioka diimbangi dengan makanan ynag bergizi secara teratur. Pada orang tua, penyakit ini dapat timbul akibat gangguan paru – paru kronis atau iritasi akinat merokok. Untuk itu pencegahan penyakit ini dapat di lakukan dengan menghindari rokok dan istirahat yang cukup.

d. Tuberculosis (TBC)

TBC adalah infeksi pada paru – paru yang di sebabkan oleh basil tuberkulosa. Pederita TBC ini sulit bernapas dan sering batuk. Bila penyakitnya sudah para, penderita TBC dapat mengalami batuk darah. Darah itu berasal dari luka pada paru – paru penderita. Pencegahan penyakit TBC adalah dengan meghindari penderita TBC dan melakukan penyuntikan BCG.

e. Influence

Influence disebabkan oleh virus. Gejala seperti, demam, batuk – batuk, sakit kepala punggung dan persendian. Apabila dibiarkan berlarut – larut, tenggorokan dapat terluka. Luka ini dapat mengakibatkan selera makan. Penderita influence cukup istirahat dan makanan bergizi secara teratur.

f. Pneumonia

penyebab penyakit pneumonia adala kuman berupa Virus, bakteri, jammur, zat kimia, dan radiasi. Gejala yang sering ditemukan pada penyakit ini adalah demam, batuk yang keras dan sesak napas.

Pengobatanya dapat dilakukan dengan pemberian obat – obatan dan antibiotika. Kadangg – kadang penderita anak – anak dan lanjut usia diberikan oksigen untuk mengurangi gejala sesak napas dan juga diberikan cairan untuk mencegah dehidrasi.

g. Asma

penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan saluran pernapasan. Saluran pernapasan tersumbat karena selaput lender saluran membengkak atau karena pembentukan lendir yang berlebihan. Akibatnya lubang saluran menjadi sempit.

Gejalanya seperti batuk – batuk, sesak napas, dann pada waktu mengeluarkan napas terdengar bunyi yang nyaring dan panjang. Untuk mengobati penyakit asma biasanya digunakan obat pelebar saluran pernapasan berupa tablet atau semprotan yang dihirup melalui mulut.

h. Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Penyakit ini disebab oleh virus. Gejala penyakit ini mirip dengan influenza. Penyakit ini sangat berbahaya dan penularannya sangat cepat melalui udara penapasan.

i. Kanker Paru – paru

Kanker paru – paru adalah dalam epitel bronchial. Penyakit ini terjadi akibat seringnya merokok.

j. Emfisema

penyakit ini akibat meluasnya alveoli yang berlebihan. Karena alveoli meluas, terjadinya penggelembungan paru – paru. Akibatnya pernapasan menjadi sulit.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: