article

Lubuk Linggau

Ok girl and guys, I will tell you about my city, it’s Lubuk Linggau.

I have been in lubuk linggau for a long my life. I was born in here, so more or less I know about lubuk linggau.

Lubuk linggau adalah kota yang kecil tapi daerah ini letaknya sangat strategis, kota ini berada tepat pada lintasan ke penjuru daerah lebih tepatnya lagi ia teletak di sebuah provinsi Sumatera Selatan ibu kota Palembang.. Lubuk linggau ini terkenal dengan kota silampari dan kota sebiduk semare yang artinya susah senang tetap bersama. Banyak orang bilang daerah ini orangnya keras-keras, itu cerita fikti belaka, tapi banyak orang bilang kalau kita sudah terminum air Musi kita akan beta tinggal di lubuk linggau dan gak mau pulang, itu karena tinggal di kota ini sangat nyaman.

Ok we tell one by one part of Lubuk Linggau

a. Bahasa

Kalau diteliti bahasa orang lubuk linggau ini sangat unik itu kenapa. Karena bahasa orang lubuk linggau ini hampir mirip-mirip bahasa inggris, it’s strange. Why? Ok seperti kata Nama, kalau orang lubuk linggau asli itu

Name (tetap di baca name) bahasa inggris juga name (di baca neim) bedanya hanya dalam pengucapankan (seperti British America hehehe) tapi gak semuanya ya… tapi lebih yang lebih menarik dari bahasa ini adalah dalam penyingkatan bahasa, pada umumnya bahasa lubuk linggau ini banyak di singkat-singkat seperti dalam kata

kopi coklat mereka akan bilang “pikat”

baca kora mereka akan bilang “ceran”

nenek lanang (kakek) mereka bilang “nenang”

sangat menarik dan unik bukan, itulah Indonesia yang sangat kayak akan bahasa makanya kalau kalian seorang guru ngajar bahasa inggris kalian geli sendiri bila ngajar dikelas ketemu sama orang lubuk linggau asli. Bahasa lubuk linggau sendiri jarang sekali di pakai dalam perkotaan karena bahasa lubuk linggau telah tercampur dengan bahasa pendatang, sehingga kalau kita lama tinggal di daerah ini kita akan mengetahui bahasa lubuk linggau yang asli. Seperti

lubuk linggau berubah artinya

nak ke mane (mane bahasa inggris kan) nak ke mano mau kemana

mane ade idak ado tidak ada

cak mane cak mano bagaimana

hape name nga? Siapo namo kau siapa namamu

Sehingga kalau orang nembak bahasanya hampir mirip dengan bahasa orang awak atau orang padang itu karena banyaknya orang padang yang menetap dalam kota ini, sehingga bahasa asli lubuk linggau hanya di pakai untuk kalangan masyarakat yang benar-benar asli orang lubuk linggau.

b.Penduduk

Pada umumnya orang-orang lubuk linggau ini kebanyakan Penduduknya dari orang-orang pendatang, seperti cina, medan, jawa, dan padang.. Entah dari tahun berapa mereka menetap di daerah ini yang jelas mereka menjadi bagian dari kota lubuk linggau.. Banyak orang mengira bahwa orang-orang lubuk linggau keras-keras dan ganas tapi mengapa banyak pendatang betah dinggal di daerah ini? itu berati hanya isapan jempol atau mitos aja supaya mereka tertipu bahwasannya tinggal di daerah ini sangat nyaman dan tenang tidak pernah terjadi kerusuhan di kota besar. Jadi kota mana yang lebih ganas dan kasar?

Kebanyakan orang lubuk linggau asli banyak menetap pada daerah yang terpencil, kalaupun ada di perkotaan itu tidak sampai seluruhnya ibaratkan 100% orang lubuk linggau asli mungkin yang tinggal di perkotaan hanya 30-an % yang tinggal di perkotaan. Selebihnya banyak di huni orang pendatang seperti orang jawa, cina dan suku lainnya.

c. Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana di kota ini kalau di bilang kurang tidak juga kalau di bilang berkecukupan juga tidak, semuanya sedang-sedang aja. Sarana dan prasarana di lubuk linggau mencankup beberapa bagian:

1. Sarana dan Prasarana pembelanjaan/shooping unutk masyarakat

Di kota ini terdapat tempat pembelanjaan seperti Mall (Toserba (took serba ada)), SM dan market lainnya yang dapat dikunjungi para pembelanja dengan muda, biasanya kalau hari libur seperti hari minggu tempat pembelanjaan ini tidak pernah sepi dan sangat menarik karena tempat-pembelanjaan ini seperti SM dan Toserba tersedia tempat anak-anak bermain sehingga sarana dan prasananya dapat di nikmati oleh para pembelanja.

2. Sarana dan prasarana bangunan

Kalau untuk lubuk linggau sendiri belum ada gedung-gedung pencakar langit seperti di kota-kota besar lainnya tapi di sini hanya terdapat tiga gedung Rumah Sakit, dua gedung Masjid Agung dan tempat peribadatan lainnya dan juga hotel dan tempat-tempat penginapan lainnya. (dan apabila kalian gak mempunyai rumah boleh nginap di rumah aku kok, hehehehe) dan gedung-gedung lainnya yang sangat mudah kita dapati bila anda mempunyai kesempatan berkunjung di daerah ini.

3. Sarana dan Prasarana tempat Rekreasi

Untuk lubuk linggau sendiri, disini ada tempat rekreasi sepeninggalan orang belanda namanya Water Van, dan air terjun lainnya seperti teman. yang mana setiap minggu atau tiap hari banyak orang mengunjunginya, dan tempat-tempat Pemancingan seperti Pondok Hijau, Pondok Shaf yang mana disini menyediakan sekaligus kolam renang anak-anak dan dewasa dan pengunjung tidak hanya mancing tapi dapat melakukan kegiatan lainnya.

Oh ya disi juga terdapat rekresi bersejarah banget untuk kota ini, yaitu Bukit sulap dan Dayang Torek. Menurut sejarahnya. Bukit sulap ini dulu ada seorang bujang yang meninggal di kuburkan di bukit ini Namanya sangat terkenal yaitu “Bujang Kurap”. Nama bujang kurap dan Dayang Torek (baca sejarah dayang torek dan Bujang Kurap) ini sangat kental dari sejarah Lubuk Linggau dan inipun bukan isapan jempol. Dan bagi pecinta alam dapat mengunjungi kawasan ini. Dimana banyaknya tantangan baru, kabarnya sih bila anda orang pilihan/orang yang beruntung anda akan menemukan dua kuburan yang terdapat di atas bukit ini.

4. Sarana dan Prasarana pendidikan

Pendidikan untuk wilayah lubuk linggau sendiri sudah terbilang maju, karena fasilitas-fasilitas yang di berikan sudak cukup baik walaupun tak selengkap kota-kota besar lainnya tapi sangat bermutu.

d. Perekonomian

Perekonomian penduduk di lubuk linggau ini dominan berdagang dan bercocok taman atau perkebunan, lubuk linggau terkenal dengan hasil karetnya yang sangat banyak sehingga orang lubuk linggau asli banyak menggantung perekonomiannya dengan berkebun dan berdagang hanya sambilan sedangkan orang pendatangan berdagang seperti orang cina mereka makmur banget tinggal disini, karena disini kota yang aman tidak ada kerusuhan dan bila ada pendatang yang datang kemari bila ia akan mengataka hidup di linggau ini sangat baik, mereka akan bilang “Gudangnya Uang”, itu kata mereka. karena penduduk sini orangnya gemar mencari kesenangan yang baru. Sehingga kalau ada pertunjukan pasti sangatlah ramai di kunjungi banyak orang.

Nah, inilah kota lubuk linggau.tepatku di lahirkan dan di besarkan walaupun aku orang jawa asli tapi aku gak beta hidup di jawa. Itu kenapa situs aku, (ayoellg), llg sendiri itu singkatan dari Lubuk Linggau. Ayoe itu nama aku dan sekaligus sebuah ajakan. Jadi ayoellg artinya ayo ke Lubuk Linggau hehehehe. Gak binggungkan.

8 responses to this post.

  1. yims8ug-rp78bn9-tw6q2ddb-0 http://gambling-mo.lookera.net#1
    cheap auto insurance
    [url=http://urlser.com/?xFj4E#3]insurance[/url]
    [url]http://urlser.com/?e64r6#4[/url]
    [http://urlser.com/?qbKvI#5 health insurance]
    “life insurance”:http://urlser.com/?boo2X#6
    [LINK http://gambling-mo.lookera.net#7%5Dgambling%5B/LINK%5D
    [img]http://victor.freewebhostingpro.com/1.php[/img]

    Balas

  2. yims8ug-wobcio0-tw6q2ddb-0 http://urlser.com/?e64r6#1
    health insurance
    [url=http://texas-holdem-mo.lookera.net#3]texas holdem[/url]
    [url]http://free-poker-mo.lookera.net#4[/url]
    [http://roulette-mo.lookera.net#5 roulette]
    “gambling”:http://gambling-mo.lookera.net#6
    [LINK http://urlser.com/?e64r6#7%5Dcar insurance[/LINK]
    [img]http://victor.freewebhostingpro.com/1.php[/img]

    Balas

  3. hai…………………………………….

    kalau boleh tahu namanya siapa???????????????/
    soalnya aku juga orang lubuk linggau

    next kalau di linggau kau tinggal dimano.????????

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: