“Darah”

“Darah”

mcf0061

Tahukah kamu apa darah itu sebenarnya?

Darah merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting untuk mempertahankan hidup. Darah terdiri dari bagian cair dan bagian padat.

  1. Bagian cair

Bagian darah cair berupa plasma darah dan serum.

Plasma darah berwarna jernih kekuning – kuningan mengandung fibrinogen (zat yang membantu proses pembekuan darah), 95 % terdiri dari air, sisanya zat terlarut temsuk garam. Fungsinya mengangkut hormone, sari makanan, vitamin, mineral, dan menjaga kesiimbangan cairan tubuh.

Serum : coklat kekuningan

  1. bagian padat

bagian padat berupa sel darah merah (eristrosit), sel darah putih (leukosit) dan keeping darah (trombosit)

Sel darah Merah : bentuknya bulat pipih, cekung ditengah, tidak berinti, jumlahnya lebih banyak dari jumlah sel darah putih. Fungsinya mengikat O2 karena mengandung hemoglopin. Yang didalamnya terdapat zat besi untuk mengikat O2

Sel darah putih : tidak berwarna tidak memiliki bentuk tetap, berinti dan berukuran lebih besar dari sel darah merah. Fungsinya melawan kuman penyakit.

Keeping darah : tidak berinti dan bentuknya tidak teratur, fungsinya membebekukan darah bersama fibrinogen ketika terjadi luka.

Orang pertama kali menunjukan bahwa peredaran darah diseluruh tubuh berjalan satu arah dan dipompa dari jantung dia adalah bapak William Harvey (1578 – 1657) ia menemukan tentang peredaran darah. Penemuannya menjadi dasar pengembangan ilmu kardiovakuler. Tahun 1628 dia mulai terkenal dengan mempublikasikan penemuannya dalam buku yang berjudul “Anatomical Treatise on the Motion of the Heart and Blood in Animal” (Risalah Anatomi Penggerakan Jantung dan Peredaran Darah Hewan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: