Potong Rambut dan Kuku Saat Haid, Bolehkah?

Temenku ada – ada aja dengan pertanyaannya dan akupun baru tau nih, dia bilang padaku:”apa iya kalau kita haid gak boleh potong rambut dan potong kuku gak dibolehkan”

“Emang kenapa?” tanyaku kepadanya.

Ya… nanti kalau kita potong kuku dan rambut kita akan dimintai pertanggungjawaban dialam kubur kalau potong rambut yang rontok atau sengaja kita potong dan potongan kuku tidak kita sucikan.

Lho, jadi gimana dengan rambutku yang rontok yang lupa aku sucikan dan aku nggak tau kemana aja rambut – rambutku yang rontoknya pada kemana – mana dan diapun gak nyariin aku untuk minta disucikan. Ungkapku padanya.

Hehehehe…Ya aku nggak taulah yu… orang aku aja Tanya sama kamu.

Ginin ya… kita berpatokan pada Al – quar’an dan Hadits aja atau syari’at islam. Dan pernah membaca buku, dan akupun lupa buku apa yang menjelaskan bahwa Al – quar’an maupun hadits atau syari’at islam tidak melarang wanita haid memotong kuku dan rambutnya. Dan selama aku belajar dari SD sampai MAN guruku belum pernah menerangkan hal seperti itu. Jadi kalau belum ada pembenarannya itu sama aja dengan bid’ah. Tapi semua itu kembali kepada diri kita masing – masing. Mau percaya atau enggak dan menjadikan pengetahuan kita sebagai kaum muslimin pada umumnya. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: