BERSAING SECARA SEHAT

Berlomba – lomba untuk mendapat ampunan Allah dan Menggapai surga yang luasnya seluas langit dan seluas bumi…

Allah menggunakan kata sabiqu dalam surat Qs. Al-Hadid: 21 yang terkandung makna bersegera atau berlomba – lomba. Berlomba – lomba berarti berkompetisi dengan manusia yang berkualitas untuk mendapatkan hadiah dari Allah swt yaitu surga yang luasnya seluas langit dan seluas bumi. Untuk menjadi pemenang tidak hanya berkerja keras tapi berkualitas dihadapan Allah swt tetapi apabila kita tidak bisa mengalahkan yang lain secara kualitas berarti usaha kita bisa dikatakan kurang efectif.

Kitab Al-qur’an telah begitu dalam menggugah umat islam agar tidak menjadi manusia yang berpangku tangan tetapi terkadung motivasi untuk menjadi umat yang bekerja keras yang mengawali segala sesuatunya dalam kebaikan. Aqur’an juga tidak mengenal rumus istirahat dalam beramal kebaikan terlebih berhenti memohon ampunan kepada sang pencipta dan permohon ampunan merupakan sudah kebutuhan setiap hambaNya yang sadar atas segala dosa yang pernah diperbuat.

Didalam surat al-Hadid juga menegaskan tentang surga yang luasnya seluas langit dan seluas bumi…..

Mungkin kita akan bertanya – Tanya jika surga luasnya seluas langit dan seluas bumi, maka dimanakah neraka itu sendiri?

Pertanya ini pernah dijawab oleh kaum salaf dan mereka memberikan jawaban dengan pertanyaan balik:

Jika malam telah tiba,lalu dimanakah siang itu berada?”

Dari jawabannya tersebut mengandung dua pengertian yaitu:

Pertama, kalimat itu berarti jika kita tidak mampu melihat malam pada siang hari maka ini tidak berarti bahwa malam itu tidak ada di suatu tempat meskipun kita tidak mengetahuinya demikian juga dengan neraka dia berada dimana saja yang dikehendaki Allah swt.

Kedua, jika suatu siang sedang berada disuatu tempat satu sisi bumi maka malam berada pada sisi yang lain. Demikianlah juga di Illiyin (tempat yang palin tinggi) diatas semua langit dibawah Arasyi Allah sama dengan luasnya langit dan bumi sedangkan neraka berada paling bawah. (asfala safilin)

Dengan begitu Allah telah menjadikan segala dibumi sebagai fasilitas dan sarana untuk beribadah bahkan Allah telah menjadikannya mudah dan akankah kita masih dalam kesombongan kita dengan tidak bersykur atas apa – apa yang telah Allah berikan pada kita. Maka dari itu Allah swt menekankan pada kitapentingnya berkomeptisi atau berlomba – lomba untuk lebih mendekatkan diri kepadaNya dan menjadi hamba Allah yang berkualitas agar bisa mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi subhanallah…. Allah maha kaya dan maha perkasa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: